Selenggarakan Diklat Safety Management System, Direktorat Navigasi Penebangan Bekerjasama dengan BP3 Jayapura.

Jayapura, 1 Oktober 2018. Bertempat di Hotel Horison Jayapura, Kasie Sarana dan Prasarana Diklat Bapak Akilla Makanuay, S.IP mewakili Ka. BP3 Jayapura  resmi membuka penyelenggaraan Diklat Safety Management System kerjasama dengan Direktorat Navigasi Penerbangan. 

Diikuti 20 orang peserta dari 2 Kantor Otoritas Bandara serta 18 dari Unit Penyelenggara Bandar Udara, akan mengikuti diklat Safety Management System (SMS) selama 5 hari kedepannya.

Pengelolaan keselamatan yang efektif memerlukan adanya pemahaman yang semua personel penerbangan terhadap tugas dan tanggung jawab antara pemerintah dan penyedia jasa penerbangan. Karena pengelolaan Keselamatan adalah salah satu dari proses manajemen kepada setiap bagian organisasi.

Dalam sambutannya, Bapak Akilla menympaikan Safet Management System dalam ICAO DOC 9859, Safety Management Manual (SMM), 2013 diperlukan untuk sebuah organisasi penerbangan untuk mengindentifikasi bahaya dan mengelola risiko keselamatan yang dihadapi selama pengiriman produk maupun jasa. Oleh karena itu sangat diperlukan peningkatan dan mempertahankan kinerja keselamatan. 

Tidak lupa pada pelaksanaan upacara pembukaan ini Beliau memimpin doa untuk Alhamarhum. Anthonius Agung salah satu korban Gempa dan Tsunami Palu pada Jumat 28 Oktober 2018 lalu. Anthonius merupakan petugas ATC yang gugur pada saat menjalankan tugasnya memberikan clearance kepada Batik Air tujuan Palu – Jakarta.

Dengan semangat dan cita – cita seluruh personel bandara yang mengikuti penyelengaaraan diklat ini diharapkan mampu mengikuti seluruh materi yang di berikan oleh para insturktur dan diterapkan pada tugas dan tanggung jawab. 

(Jurnalis : Nia , Fotografer : Ricky Hasra)