Rapat Akhir Dokumen Andalalin Pembangunan Politeknik Penerbanga Jayapura.

Rapat Akhir Dokumen Andalalin Pembangunan Politeknik Penerbanga Jayapura.

Jayapura, 11 Oktober 2018, Bertempat di Ruang Rapat Silas Papare Politeknik Penerbangan Jayapura (Poltekbang Jayapura) telah berlangsung Rapat  Akhir manajemen dan pelaksanaan Rekomendasi Andalalin Rencana Pembangunan Gedung Politeknik  Penerbangan Jayapura yang didampingi oleh tim PT. Dharma Kreasi Nusantara dan dihadiri oleh Bapak Justi Sitorus perwakilan dari Dinas Perhubungan Kota Jayapura berserta tim.

 

Menindaklanjuti surat permohonan Ka.BP3 Jayapura nomor : UM.002/4/12/BL.DIK-2018 tanggal 7 September 2018 perihal persetujuan Rekomendasi Andalalin rencana pembangunan fasilitas Gedung Poltekbang Jayapura di Jalan. Kayu baru No. 6 Tanjung Ria Distrik Jayapura Utara. Berdasarkan dasar tersebut serta UU. Lalu Lintas adalah mengenai Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin), hal ini diatur dalam pasal 99 dan 100 undang – undang lalu lintas.  Dinas Perhubungan Kota Jayapura melakukan kajian teknis dan survey lapangan di Kampus Poltekbang Jayapura

Hasil survey lapangan dengan Dinas Perhubungan Kota, Satuan Lalu Lintas Jayapura Kota dan Dinas PUPR Kota Jayapura tanggal 13 September 2018  yakni mematuhi, mempedomani dan melaksanakan upaya penanganan dampak lalu lintas dokumen Adalalin yang telah disusun sesuai pernyataan pemrakarsa yang tercantum dalam dokumen dan berita acara penilaian tim evaluasi diantaranya, Lay out pelataran parkir pada lokasi kampus Poltekbang Jayapura, Kebutuhan pelataran parkir sesuai rencana pembangunan Fasilitas Poltekbang Jayapura manajemen lalu Lintas sesuai rencana pembangunan fasilitas, Ketersediaan rambu lalu lintas di wilayah atau lokasi pembangunan kampus Poltekbang Jayapura.

Dalam paparan hasil akhir andalalin Potekbang jayapura, Bapak Justin juga menyampaikan bahwa segala bentuk dampak lalu lintas yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut nantinya merupakan tanggung jawab tim Pemrakarsa, selain itu rekomendasi dan analisis dampak lalu lintas akan ditindak lanjuti dengan pengendaliandan pengawasan di lapangan. Apabila pemrakarsa tidak melaksanakan komitmen penaganan dampak lalu lintas, maka akan dilakukan tindakan sesuai peraturan yang berlaku.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepasa Seksi Sarana dan Prasarana Diklat Bapak Akilla Makanuay, S.IP mewakili. Ka. BP3 Jayapura. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya persetujuan Rekomendasi Andalalin Pembangunan Kampus Poltekbang Jayapura yang akan digunakan sebagai acuan untuk mencegah dampak lalu lintas yang ditimbuklan pada saat pembangunan kampus ini berlangsung. Pada dasarnya, pihak pemrakarsa akan memenuhi segala masukan dari tim evaluasi.

Dengan demikian, rapat hasil akhir rekomendasi andalalin kampus Poltekbang Jayapura telah diterima baik oleh pihak Pemrakarsa yakni Poltekbang Jayapura, yang kemudian rekomendasi dan analisis lalu lintas akan ditinjau kembali dalam kurun waktu 5 (lima) tahun sesuai dengan perkembangan lalu lintas dan pola tata guna lahan di sekitar kegaiatan, terhitung setelah rekomendasi tersebut di terbitkan.

Jurnalis &  Fotografer : Nia.