Pelaksanaan Upacara Hari Perhubungan Nasional Ke 46 Berlangsung Di Lapangan Gubernur Provinsi Papua

Jayapura, 18 September 2017, Berlangsung upacara memperingati Hari Perhubungan Nasional Ke 46 di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Provinsi Papua.

Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang diperingati setiap tanggal 17 September 2017 seluruh insan perhubungan yang berada di Kota maupun Kabupaten Jayapura mengikuti upacra Harhubnas ke 46 di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Provinsi Papua.

Peserta Upacara yang hadir pada pagi ini, antara lain, Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, PT. PELNI, Perum Damri Papua – Maluku, PT. Garuda Indonesia Cabang Jayapura, Citi Link Indonesia Cabang Jayapura, UPBU Kelas 1 Sentani Jayapura, Basarnas Provinsi Papua, dan PT Pelindo IV Kota Jayapura, PT. Jasa Raharja, adapun peserta upacara dari Kantor Gubernur Provinsi Papua yakni Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Sosial dan Pemukiman, Dinas Pendidikan, Dinas UKM & Koperasi, Dinas Perikanan, dan beberapa kedinasan lainnya.

Bertindak selaku Inpektur Upacara yakni Sekertaris Daerah Provinsi Papua, *T.E.A* *Hery Dosinaen, SIP, MKP*. Dalam kesempatan memberikan sambutan, beliau mengatakan bahwa Perhubungan merupakan satu- satunya konektivitas antara kabupaten yang sangat membantu keberlangsungan kehidupan terkhususnya di Provinsi Papua. Hingga tahun 2018 ini konektivitas di wilayah Papua mencapai 80% sehingga mendukung aspek kehidupan sosial, ekonomi, serta Politik.

Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) diperingati setiap tahunnya pada 17 September. Perayaan ini dilaksanakan untuk meningkatkan semangat kerja dan profesionalisme untuk mendukung keandalan transportasi. Seperti yang disampaikan Sekertaris Daerah Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen, SIP, MKP. Bahwa Perhubungan memiliki sector yang paling penting untuk segala konektivitas, karena tanpa konektivitas perhubungan pergerakan di lini swasta maupun pemerintahan akan terhenti.

Maka beliau berharap untuk semua komunitas perhubungan beserta seluruh unsur perhubungan bersama –sama bergandengan tangan untuk melihat situasi objektif kita di wilayah Papua yang sangat berbeda dengan daerah lain,oleh karena itu kita harus maju, bergerak cepat dan tepat untuk melayani masyarakat dengan hati dan secara bijaksana.

Pada kesempatan yang berharga ini, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura, Bapak Genny Luhung Prasojo, SS., MM memperkenalkan serta mempromosikan keberadaaan BP3 Jayapura dengan berkesempatan menampilkan taruna/i angkatan II dengan menampilkan display formasi barisan berbentuk logo perhubungan, transportasi, serta formasi berbentuk “Harhubnas 46”, selai display formasi, taruna/I BP3 Jayapura juga menampilkan persembahan Tarian Penyemangat Haka-Haka, serta penampilan Marching Band *Satya Dwaya Paksa* yang semuanya di persembahkan oleh Taruna/I BP3 Jayapura yang dilatih oleh jajaran Pembina Marinir Yonmarhanlan X Angkatan Laut Jayapura Papua.

Penampilan yang diberikan oleh Taruna/I BP3 Jayapura sontak memberikan kesan mendalam Bagi Sekda Provinsi Papua beserta jajarannya, sehingga pada saat persembahan dari Taruna/I BP3 Jayapura, Sekertaris Daerah Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen, SIP, MKP memberikan tepuk tangan meriah dan memberikan pesan kepada Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura, untuk segera programkan persiapan BP3 Jayapura menjadi Akademi Penerbangan Jayapura di Papua. Agar Papua memiliki sekolah penerbangan dan Putra/I Papua tidak perlu jauh – jauh mengeyam pendidikan sekolah penerbangan di luar Papua. Untuk itu hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab untuk menyiapkan dan melaporkan apa saja yang diperlukan dan disiapkan untuk dapat segera terealisasi.
Tentu saja hal ini, menjadi semangat untuk Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura, terkhusus Bapak Genny Luhung Prasojo, SS., MM dalam mewujudkan BP3 Jayapura menjadi Akademi Penerbangan Jayapura ke depannya nantinya. Di sela-sela kegiatan ini, Kabalai mengundang seluruh masyarakat untuk lebih mengenal jauh Kampus BP3 Jayapura yang berada di Jalan Kayu Batu, Tanjung Ria, Jayapura.

Dengan demikian peringatan Harhubnas untuk mempererat kerja sama, kesetiakawanan, dan silaturahim antar pegawai Kementerian Perhubungan (Kemhub) baik di tingkat pusat maupun daerah. Dengan thema “Melalui Peringatan Harhubnas Tahun 2017 Kita Tingkatkan Soliditas, Sinergitas dan Kerja Bersama Dalam Mewujudkan Transportasi yang Andal, Berdaya Saing, dan Memberikan Nilai Tambah, diharapkan Kemenhub dapat meningkatkan perannya dalam membangun sektor transportasi yang andal dan mampu bersaing tidak hanya dalam lingkup nasional tetapi secara global yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, maka dibutuhkan sinergi, koordinasi dan kerja sama dengan berbagai pihak dan instansi terkait./nia