Melalui Motivasi Sukses, Lulusan BP3 Jayapura disiapkan menghadapi Era Indutrialisasi 4.0.

Jayapura, 10 Desember 2018, – Bertempat di minitheatre BP3 Jayapura, taruna/I BP3 Jayapura mengikuti Motivasi Sukses (Enterpreneur), Set Up Your Mind To Be Enterpreneur In The Indutrial Era 4.0 bersama motivator M. Irsyad Furqoni, S.Hum.,Cht.,MNLP.

Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas, BP3 Jayapura memberikan motivasi sukses kepada taruna/I BP3 Jayapura. Motivasi sukses ini diberikan langsung oleh Ketua IACH (Indonesia Association of Clinical Hypntherapist) Samarinda, M. Isryad Furqoni,S.Hum.,Cht.,MNLP yang juga adalah prakitisi NLP (Neuro-Linguistic of Phsycology) Insight Institute.

Motivasi sukses ini, memberikan pemahaman kepada taruna/I dalam megendalikan diri untuk menjadi pribadi yang memikiki tujuan. Yakni salah satunya melalui Hypnomotivation, para taruna/I diberikan stimulasi dari human brain ( cara kerja pikiran dalam proses belajar), Effective Learning (Strategi belajar dengan potensi otak), Positive Communication ( Cara memahami dan berkomunikasi), Goal Setting (Merancang tujuan hidup), Enterpreneurship (Menggali dan menumbuhkan jiwa wirausaha. Melalui hypnomotivation ini para taruna/I didorong untuk bergerak kearah perubahan yang lebih baik. 

Pada tahun 2020, dunia akan memasuki era Industri 4.0. Di era tersebut, akan banyak bermunculan robot canggih, superkomputer, kendaraan otonom, 3D printing, serta pengoptimasian fungsi otak manusia dengan editing genetik dan perkembangan neuroteknologi.

Mungkin terlihat canggih dan membuat takjub, akan tetapi bukan berarti tidak ada kerugian yang ditimbulkan oleh revolusi industri tersebut. Mengutip dari hasil Forum Internasional tahunan yang bertemakan “Mastering the Fourth Industrial Revolution” pada 2016 lalu, Revolusi Industri 4.0 ini akan menyebabkan disrupsi atau gangguan bukan hanya di bidang bisnis saja, namun juga pada pasar tenaga kerja.

Hal ini berarti akan ada banyak jenis pekerjaan yang hilang dan tergantikan oleh fungsi robot atau artificial intelligence. Para tenaga kerja manusia pun tidak menutup kemungkinan akan menghadapi jenis pekerjaan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, sehingga revolusi ini mau tak mau menuntut kita untuk terus mengembangkan skill yang sekiranya dapat bermanfaat serta mumpuni di masa depan.

Oleh karena itu, melalui motivasi sukses ini para taruna/I diberikan modal untuk menghadapi era industry 4,0 diantaranya dengan Complex problem solving disini merupakan kemampuan penyelasaian masalah kompleks dengan dimulai dari melakukan identifikasi, menentukan elemen utama masalah, melihat berbagai kemungkinan sebagai solusi, melakukan aksi/tindakan untuk menyelesaikan masalah, serta mencari pelajaran untuk dipelajari dalam rangka penyelesaian masalah, kemudian para taruna/o diberikan Critical thinking atau kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir masuk akal, kognitif dan membentuk strategi yang akan meningkatkan kemungkinan hasil yang diharapkan. Berpikir kritis juga bisa disebut berpikir dengan tujuan yang jelas, beralasan, dan berorientasi pada sasaran, selanjutnya Creativity atau kreatifitas adalah kemampuan dan kemamuan untuk terus berinovasi, menemukan sesuatu yang unik serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Creativity disini dapat juga diartikan mengembangkan sesuatu hal yang sudah ada sehingga dapat menjadi lebih baik.

Disamping itu, terdapat People management adalah kemampuan untuk mengatur, memimpin dan memanfaatkan sumber daya manusia secara tepat sasaran dan efektif. Kemampuan untuk kerjasama tim ataupun bekerja dengan orang lain yang berasal dari luar tim. Semua pemahaman ini diberikan untuk bekal mengahadapi Era Industri 4.0.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura, Bapak Sukarwoto, S.SiT.,ST.,MM beserta jajaran pembina taruna/i BP3 Jayapura. Beliau berharap kegiatan motivasi sukses ini dapat memberi bekal kepada seluruh taruna/i dalam menghadapi era indutri 4.0 agar tidak kalah saing dengan lulusan sekolah lainnya, bahkan mampu mengoperasikan teknologi baru yang akan hadir.

Para taruna/I sangat antusias mengikuti rangkaian motivasi sukses ini, Bapak Irsyad juga memberikan jawaban- jawaban yang sangat memotivasi para taruna/I yang antusias menanyakan ragam pertanyaan. Besar harapan BP3 Jayapura mencetak SDM berkualitas salah satunya melalui motivasi sukses ini. Jurnalis : Nia Arniawati,S.Ikom