Layanan Publik

Layanan Informasi Publik

Layanan Informasi Publik

Sejalan dengan amanah UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan dalam rangka memberikan pelayanan informasi yang optimal kepada masyarakat, Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura sebagai Badan Publik telah menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi sesuai Keputusan Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura No. HK.221/4/8/BL.DIK-2017 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas akses informasi publik.

Layanan Informasi Publik Online merupakan salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mengajukan permohonan informasi publik disamping ketersediaan informasi yang sudah dapat diakses secara langsung melalui website resmi bpsdm.dephub.go.id. Dengan Layanan Informasi Publik Online ini, diharapkan jarak dan waktu tidak lagi menjadi halangan yang berarti dalam memenuhi hak masyarakat atas informasi publik.

Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Kelompok informasi publik menurut Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik terbagi menjadi empat kelompok yaitu informasi publik wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi publik wajib diumumkan secara serta merta dan informasi publik yang dikecualikan.

Struktur Organisasi

Prosedur Permohonan Informasi


Diadopsi dari Sudibyo dkk 2008 – Panduan Sederhana Penerapan UU KIP.

Kontak PPID

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

BP3 Jayapura
Jalan Kayubatu No. 6, Tanjung Ria
Jayapura 99117
Telp. (0967) 541049 | Fax. (0967) 541562
e-mail: ppid@cac-jayapura.ac.id
atau Unduh Formulir Permohonan Informasi Publik disini

FAQ

Bagaimana saya bisa memperoleh informasi publik di BP3 Jayapura?
Anda dapat menghubungi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) BP3 Jayapura Jalan Kayubatu No. 6, Tanjung Ria – Jayapura 99117, atau mengajukan surat permohonan informasi publik melalui Faksimile di nomor (0967) 541562.

Data Apa saja yang harus saya lengkapi untuk mengajukan permohonan informasi publik?
Anda cukup mengisi formulir permohonan informasi publik yang tersedia dengan melampirkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku atau mengunggah KTP dalam bentuk file untuk penggunaan media online.

Bagaimana tahapan pengajuan permohonan informasi publik via media online?
Anda dapat mengirimkan email yang ditujukan ke ppid@cac-jayapura.ac.id dengan terlebih dahulu membaca dan menyetujui segala ketentuan dan peraturan yang berlaku terkait pengajuan permohonan informasi publik melalui media online.

Berapa lama informasi publik dapat diperoleh ?
Informasi publik dapat diperoleh paling lambat 17 (tujuh belas) hari kerja.

Jam berapa setiap harinya PPID BPSDM Perhubungan membuka layanan informasi publik?
Jam layanan informasi dilaksanakan setiap hari kerja dari hari Senin hingga Jumat mulai Pukul 09.00 WIB s/d 15.00 WIB dengan waktu istirahat jam 12.00 – 13.00 WIB.

Apakah Informasi publik yang diminta dikenakan biaya atau tarif ?
Tidak ada biaya atau tarif yang dikenakan untuk setiap informasi publik yang diminta. Pemohon informasi publik memfasilitasi sendiri media yang akan digunakan untuk menampung informasi publik yang diminta. Jika pemohon informasi publik memerlukan salinan dokumen dalam bentuk hardcopy, pemohon informasi dapat melakukan penggandaan dengan biaya sendiri dan untuk informasi dalam bentuk softcopy, pemohon informasi dapat membawa CD, DVD kosong atau flashdisk sendiri.

Berapa Biaya pengiriman informasi publik ?
Kami tidak memungut biaya pengiriman. Pemohon/pengguna informasi dapat mengambil langsung.

Sejalan dengan amanah UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan dalam rangka memberikan pelayanan informasi yang optimal kepada masyarakat, Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura sebagai Badan Publik telah menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi sesuai Keputusan Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura No. HK.221/4/8/BL.DIK-2017 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas akses informasi publik.

Layanan Informasi Publik Online merupakan salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mengajukan permohonan informasi publik disamping ketersediaan informasi yang sudah dapat diakses secara langsung melalui website resmi bpsdm.dephub.go.id. Dengan Layanan Informasi Publik Online ini, diharapkan jarak dan waktu tidak lagi menjadi halangan yang berarti dalam memenuhi hak masyarakat atas informasi publik.

Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Kelompok informasi publik menurut Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik terbagi menjadi empat kelompok yaitu informasi publik wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi publik wajib diumumkan secara serta merta dan informasi publik yang dikecualikan.

Prosedur Permohonan Informasi


Diadopsi dari Sudibyo dkk 2008 – Panduan Sederhana Penerapan UU KIP.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

BP3 Jayapura
Jalan Kayubatu No. 6, Tanjung Ria
Jayapura 99117
Telp. (0967) 541049 | Fax. (0967) 541562
e-mail: ppid@cac-jayapura.ac.id
atau Unduh Formulir Permohonan Informasi Publik disini

Bagaimana saya bisa memperoleh informasi publik di BP3 Jayapura?

Anda dapat menghubungi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) BP3 Jayapura Jalan Kayubatu No. 6, Tanjung Ria – Jayapura 99117, atau mengajukan surat permohonan informasi publik melalui Faksimile di nomor (0967) 541562.

Data Apa saja yang harus saya lengkapi untuk mengajukan permohonan informasi publik?

Anda cukup mengisi formulir permohonan informasi publik yang tersedia dengan melampirkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku atau mengunggah KTP dalam bentuk file untuk penggunaan media online.

Bagaimana tahapan pengajuan permohonan informasi publik via media online?

Anda dapat mengirimkan email yang ditujukan ke ppid@cac-jayapura.ac.id dengan terlebih dahulu membaca dan menyetujui segala ketentuan dan peraturan yang berlaku terkait pengajuan permohonan informasi publik melalui media online.

Berapa lama informasi publik dapat diperoleh ?

Informasi publik dapat diperoleh paling lambat 17 (tujuh belas) hari kerja.

Jam berapa setiap harinya PPID BPSDM Perhubungan membuka layanan informasi publik?

Jam layanan informasi dilaksanakan setiap hari kerja dari hari Senin hingga Jumat mulai Pukul 09.00 WIB s/d 15.00 WIB dengan waktu istirahat jam 12.00 – 13.00 WIB.

Apakah Informasi publik yang diminta dikenakan biaya atau tarif ?

Tidak ada biaya atau tarif yang dikenakan untuk setiap informasi publik yang diminta. Pemohon informasi publik memfasilitasi sendiri media yang akan digunakan untuk menampung informasi publik yang diminta. Jika pemohon informasi publik memerlukan salinan dokumen dalam bentuk hardcopy, pemohon informasi dapat melakukan penggandaan dengan biaya sendiri dan untuk informasi dalam bentuk softcopy, pemohon informasi dapat membawa CD, DVD kosong atau flashdisk sendiri.

Berapa Biaya pengiriman informasi publik ?

Kami tidak memungut biaya pengiriman. Pemohon/pengguna informasi dapat mengambil langsung.