Kepala Bidang Udara Dinas Provinsi Papua meresmikan 680 Masyarakat Papua Peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat Secara Gratis di BP3 Jayapura

BP3 JAYAPURA, Jayapura, Jumat (09/2).– Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura Genny Luhung Prasojo,SS.,MM beserta Kepala Bidang Udara Dishub Provinsi Papua Bapak Patrik Numberi resmi membuka Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat Gelombang ke II tahun 2018 di Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura dengan jumlah peserta 680 orang.

Meningginya animo masyarakat terhadap berlangsungnya Diklat Pemberdayaan Masyarakat oleh Kampus BP3 Jayapura ini, sangat terlihat pada jumlah peserta didik yang terus menerus datang untuk mendaftarkan diri mengikuti diklat pemberdayaan masyarakat pada Gelmbang ke II ini.

Setelah sukses mendidik sebanyak 192 peserta pada gelombang I, kini BP3 Jayapura kembali membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat Gelombang II dengan jumlah peserta sebanyak 680 orang yang berasal dari Kota Jayapura, serta Kabupaten Jayapura.

Diklat Pemberdayaan Masyarakat Gelombang ke II ini, resmi dibuka oleh Kepala Bidang Udara Dishub Provinsi Papua Bapak Patrik Numberi. Pada sambutannya beliau mengatakan”, saya sangat bangga dan saya memberikan apresiasi yang tinggi serta berterimakasih terhadap Kampus BP3 Jayapura dimana telah diberi mandat oleh Kementerian Perhubungan untuk mendidik anak – anak Papua agar memiliki kompetensi yang beragam sehingga dapat menjadikan kesempatan ini menjadi suatu kesempatan mendapat pekerjaan hingga membuka lapangan pekerjaan., ungkapnya.

Dengan menabuhkan tifa maka resmi diklat Pemberdayaan Masyarakat Gelombang ke II ini dibuka dan dilaksanakan pada hari ini juga pada tanggal 09 Februari 2018. Adapun Program Diklat yang dilaksanakan saat ini adalah Diklat Basic Air Conditioning System, Diklat Pengujian Aspal, Diklat Pengujian Beton, Diklat Basic Welding, Diklat Security Awareness, Diklat Pemadam Kebakaran, serta Diklat Elektrikal dan Mekanikal.

Mengacu pada jadwal yang telah dibuat, pelaksanaan Diklat Pemberdayaan masyarakat Gelombang ke II ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 10 hari dimana proses pembelajaran ini akan melalui tahap ujian dan peserta akan memperoleh sertifikat kompetensi berdasarkan program diklat yang diikuti.

Diklat Pemberdayaan Masyarakat oleh BP3 Jayapura ini akan terus berlangsung di Tahun 2018 ini, tegas Ka. BP3 Jayapura yang pada kesempatan ini turut hadir dan memberikan pesan kepada seluruh peserta untuk banyak bersyukur atas nikmat dan karunia dengan adanya kesempatan untuk mengenyam pendidikan secara gratis. Oleh karena itu untuk selalu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan senantiasa berdisiplin karena sudah beruntung dapat mengikuti pendidikan gratis ini diantara banyaknya pendaftar Beliau juga sangat senang dan berbahagia karena antusias masyarakat Papua yang ikut serta dalam program ini memiliki semangat belajar yang sangat tinggi.

Ka.BP3 Jayapura juga mengajak seluruh anak – anak atau Papua/ Putra- Putri Papua yang ada diluar sana dan tertarik untuk mengikuti program ini, untuk segera mendaftarkan diri karena program ini masih akan terus berlangsung hingga BP3 Jayapura menyelesaikan amanah dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) untuk mendidik Putra/Putri Papua sebanyak 2300 peserta. Diklat ini diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu yang berada di kawasan 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini diberikan kepada 100.000 masyarakat tanpa dipungut biaya.

Semoga amanah ini dapat berjalan dengan baik juga lancar, dan dapat mencerdaskan puta – putri Papua, dengan harapan seluruh rangkaian pemberlajaran ini mampu memnuka peluang positif seperti mendapat pekerjaan, membuka lapangan pekerjaan, bahkan mampu menjadikan kompetensi ini sebagai kompetensi pribadi yang dapat diterapkan dimana saja. (Jurnalis : Nia,S.IKOM)