Direktur Navigasi Penerbangan, Ibu Ir. Yudhi Sari Sitompul,mm Membuka Diklat Safety Management System Angkatan Xvi Di Balai Pendidikan Dan Pelatihan Penerbangan Jayapura.

Jayapura, 11 Desember 2017 ,- Bertempat di Aula Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura, telah dibuka Diklat Safety Management System oleh Direktur Navigasi Penerbangan, Ibu Ir. Yudhi Sari Sitompul, MM dan didampingi oleh Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura, Bapak Genny Luhung Prasojo, SS.,MM.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2012 tentang Sumber Daya Manusia Di Bidang Transportasi, Peraturan Menteri Perhubungan Udara Nomor KM 20 Tahun 2009 Tentang Sistem Manajemen Keselamatan Penerbangan (Safety Management System), Peraturan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Nomor: PK.04/ BPSDMP – 2014, Tentang Kurikulum dan Silabus Pendidikan dan Pelatihan Kompetensi dan Teknis Lainnya Di Bidang Penerbangan. Dan Keputusan Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura No: HK.211/ 12 / 4 /BL.DIK-2017 tanggal 11 Desember 2017 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Safety Management System Angkatan XVI.

Maka pelaksanaan diklat (Safety Management System) / SMS resmi dibuka dan diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari Otoritas Bandaa Udara, Unit Penyelenggara Bandar Udara dan Perum LPPNPI Airnav dengan sebaran wilayah Papua dan Papua Barat yakni Kantor Otban Wilayah X Merauke, Kantor UPBU kelas I Khusus Sentani, Kantor UPBU Kelas III Kokonao Mimika, LPPNPI Cabang Madya Sentani, LPPNPI Cabang Pratama Sorong, LPPNPI Cabang Pratama Wamena, LPPNPI Cabang Pratama Nabire, LPPNPI Cabang Pratama Merauke, LPPNPI Cabang Pratama Manokwari, LPPNPI Cabang Pembantu Biak.

Dalam Laporan Pendidikan yang dibacakan oleh Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura Diklat Safety Management System Angkatan XVI ini akan dilaksanakan selama 6 (enam hari) hari kalender, menempuh 42 jam teori dan 8 jam praktek dengan tujuan akhir pendidikan, peserta diklat diharapkan dapat menjelaskan konsep-konsep sistem manajemen keselamatan (SMS) dan melakukan penerapan sesuai dengan ICAO SARPs dan Annexes 6, 11, dan 14.

Pada kesempatan pembukaan ini, Direktur Navigasi Penerbangan, Ibu Ir. Yudhi Sari Sitompul, MM berkesempatan membuka dengan resmi dan meberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau mengahrapkan agar para peserta diklat mampu menyerap ilmu yang akan diberikan secara baik dan kedepan dapat mewujudkan sumber daya manusia perhubungan udara yang mampu melaksanakan/ mengaplikasikan terhadap sistem manajemen keselamatan pada sub sektor perhubungan udara yang berdasarkan peraturan baik internasional maupun nasional yang berlaku.

Diakhir pembukaan diklat SMS Nagkatan XVI ini, Direktur Navigasi Penerbangan, Ibu Ir. Yudhi Sari,MM beserta Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura, Bapak Genny Luhung Prasojo, SS.,MM berkesempatan menandatangani MoU Kerjasama Dalam Peningkatan Kompetensi Personil Navigasi Penerbangan.

Diharapkan dengan adanya kesepakatan kerjasama ini, Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura mampu mewujudkan sumber daya manusia perhubungan udara yang berkualitas dan dapat mengaplikasikan sistem manajemen keselamatan ini di dunia penerbangan terkhusus padan pengembangan sumber daya manusia perhubungan yang berada di Papua dan Papua Barat. (Jurnalis : Nia).