BP3 Jayapura Meraih Pengargaan Penataan Bangunan dan Lingkungan Oleh Walikota Jayapura, Bapak Dr.Drs. Benhur Tomi Mano, MM.

BP3 Jayapura Meraih Penghargaan Penataan Bangunan dan Lingkungan Oleh Walikota Jayapura, Bapak Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM.

Jayapura, 17 Agustus 2018 – Bertempat di Lapangan  Upacara Lantamal X Jayapura, Ka. BP3 Jayapura menerima penghargaan kategori perkantoran penataan bangunan dan lingkungan sesuai pearturan tata ruang di Kota Jayapura oleh Walikota Jayapura, Bapak Dr.Drs. Benhur Tomi Mano, MM.

Penataan bangunan sangat penting untuk mewujudkan daerah yang berkembang secara berkelanjutan. Salah satu masalah krusial pasca-reformasi adalah penataan ruang yang banyak sekali salah tata kelola, sehingga pembenahan harus segera dilakukan.

Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura meraih penghargaan dalam bidang penataan bangunan dan lingkungan sesuai peraturan tata ruang di Kota Jayapura untuk kategori Perkantoran oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Walikota Jayapura, Bapak Dr.Drs. Benhur Tomi Mano, MM. kepada Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura, Bapak Genny Luhung Prasojo, SS., MM. di Lapangan Upacara Lantamal X Hamadi, Jayapura.

Penghargaan ini merupakan rangkaian dari Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah bidang Penataan Ruang yang diselenggarakan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, untuk mendorong pemerintah daerah lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam penyelenggaraan penataan ruang terfokus pada bangunan.

BP3 Jayapura pada Tahun 2018 ini telah memiliki sarana dan prasarana baru yang menunjang visi dan misinya sebagai lembaga pendidikan bertaraf internasional di Bumi Cenderawasih. Pada Tahun 2018 Bp3 Jayapura telah menyelesaikan sekaligus membenahi Bangunan Asrama 6 lantai serta Gudung Kelas terpadu 4 lantai.

Bapak Genny, mengatakan penataan bangunan yang berkualitas membuat investasi dan pembangunan di daerah khususnya di tanah Papua ini dapat berjalan selaras dengan koridor keberlanjutanpada lingkungan. “Penghargaan ini menjadi semangat bagi kami untuk menjaga komitmen dalam ikut serta menata daerah,” Penataan ruang sangat penting untuk mewujudkan daerah yang berkembang secara berkelanjutan. Salah satu masalah krusial pasca-reformasi adalah penataan ruang yang banyak sekali salah tata kelola, sehingga sudah seharusnya dilakukan pembenahan. tambahnya.

Terdapat tiga kriteria penilaian penataan bangunan terbaik, meliputi perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian tata ruang. Menurut Bapak Sapari,  Dinas Pekerjaan Umum Kota Jayapura, BP3 Jayapura memilki tiga komponen tersebut yang saling mendukung. Oleh karena BP3 Jayapura layak menerima penghargaan ini. Ada kesesuaian yang terpadu antara perencanaan tata ruang, penataan bangunan dan pemanfaatan wilayah. Pengendalian tata ruang yang terorganisasi yang sesuai pada peraturan tata ruang Kota Jayapura sehingga menjadi keunggulan BP3 Jayapura,” katanya.

Selain itu, Bapak Sapari juga menambahkan kebijakan panataan bangunan BP3 Jayapura juga dinilai unggul, karena mampu mengakomodasi kearifan lokal, salah satu contohnya pada pembangunan flat rumah pegawai BP3 Jayapura yang desainnya menonjolkan ornamen khas daerah setempat yakni panah dan tifa yang kemudian mengandung unsur material lokal.

Selain BP3 Jayapura, beberapa instansi di Kota Jayapura turut mendapat penghargaan ini diantaranya Bank Indonesia, Rumah Sakit Provita, serta  Bank Mandiri.

Wajah baru BP3 Jayapura kini dibawah kepemimpinan Bapak Genny diharapkan mampu memberikan inspirasi positif bagi instansi lain dalam menggunakan tata ruang serta penataan bangunan di Kota Jayapura. Harapannya setiap bangunan yang berdiri di Kota Jayapura memiliki manfaat baik untuk masyarakat di Kota Jayapura. Terlebih pembangunan yang dilakukan oleh BP3 Jayapura atas dasar untuk mendukung sarana dan prasarana pemberlajaran serta pelatihan yang dilaksanakan oleh BP3 Jayapura.

Dengan dukungan fasilitas yang mempuni di harapkan BP3 Jayapura mampu mencetak SDM Penerbangan secara berkelanjutan di Bumi Cenderawasih ini.

Penghargaan ini juga merupakan bentuk dari “Kerja Kita”menjadi “Prestasi Bangsa”, kerja bersama, gotong royong seluruh civitas akademika BP3 Jayapura yang membuahkan penghargaan dari Walikota Jayapura. Semoga dengan adanya penghargaan ini, BP3 Jayapura dapat terus mempersiapkan diri untuk sampai pada visi serta misinya.

 (Jurnalis:  Nia Arniawati)